Jan 18, 2012

Aplikasi Download Gambar Iklim Otomatis


Iseng-iseng mengutak-atik aplikasi peninggalan mantan Kasi saya yang sekarang menjadi Kasklim, saya buat aplikasi yang otomatis mendownload beberapa gambar semacam SOI, SST, MJO dan sebagainya dari beragam sumber semisal BoM, IRI, dan NOAA. Walau saya tidak familiar dengan Visual Basic 6 (Dulu mainannya Delphi 7, sekarang lama vakum) sehingga aplikasi yang dibuat sangat sederhana tetapi aplikasi ini sudah lumayan membantu pekerjaan saya sehari-hari dibidang Data dan Informasi Stasiun.BMKG.

Gambar-gambar yang di download bisa dilihat pada link Kondisi Dinamika Atmosfer, ditambah 3 gambar dari BoM berupa gambar satelit IR, Visible dan False Color.

Aplikasinya bisa anda download lewat ziddu dengan nama koran.exe, juga lewat mediafire dan 4Shared.

Download site:
Ziddu : http://www.ziddu.com/download/18278299/koran.exe.html%20
Mediafire: http://www.mediafire.com/?bz4siwa9b0uz7bc
4Shared: http://www.4shared.com/file/2-y-R90k/koran.html

Langkah-langkah penggunaan

1. Buat Folder pada partisi D dengan nama folder adalah "DataInformasi"







2. Kemudian jalankan file koran.exe , otomatis akan ada 24 file gambar didalam folder DataInformasi dengan format nama "Tahun-Bulan-Tanggal-namaFile".



3. Agar memudahkan, biasanya saya edit registry agar aplikasi jalan setiap komputer log on, sehingga secara otomatis setiap saya masuk kantor dan menyalakan komputer aplikasi koran.exe akan jalan.

Caranya adalah pada menu Run pada start menu, ketik regedit.


 Kemudian masuk ke key HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run dan klik kanan pada bagian tengah dan pilih New lalu string value.




Beri nama sembarang key yang baru kita buat tadi (saya memberi nama koran). Setelah di klik OK, kemudian klik kanan lagi key tadi dan pilih Modify.

Pada value data tuliskan lokasi file koran.exe anda , misalnya punya saya berada di folder C:\koran\ maka saya tuliskan C:\koran\koran.exe. Semisal anda menaruh file di D:\DataInformasi maka isi Value data dengan "D:\DataInformasi\koran.exe"

Klik OK dan selesai.

Perbaikan /Update Program

Apakah akan ada perbaikan pada program download gambar ini? semisal timer , bikin folder otomatis atau penambahan fitur lain?

Seperti saya singgung diatas, saya bukan ahli visual basic dan aplikasi ini hanyalah iseng-iseng berhadiah. Jadi bila isengnya kumat dan ada waktu luang mungkin akan ada update.

Thanks telah mau membaca sampai selesai   ;) .

Popular Posts

puzzle yu-gi-oh!- - Metodologi Penelitian - - Fable - - Download - - Iklim